Lanal Simeulue Sosialisasi Berlayar yang Aman di KM. Sabuk Nusantara 35 di Dermaga Kargo Sinabang

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTAACEH.CO.ID: SIMEULUE ---- Pelaksanaan sosialisasi berlayar yang aman Lanal Simeulue dilaksanakan diatas kapal penyebrangan KM.Sabuk Nusantara 35 di dermaga Kargo Sinabang Kabupaten Simeulue yang hendak mengarungi samudera menuju Meulaboh Kabupaten Aceh Barat dalam rangka Koormabar Peduli, serta dilaksanakan dalam jajaran Lanal Simeulue yang membawahi Posal dalam empat kabupaten, Senin (06/11).

Ada pun materi yang disosialisasikan terhadap penguna jasa penyebrangan yakni, cara penanggulangan bahaya kebakaran dan kebocoran , pemakaian life jacket dan penggunaan alat-alat keselamatan, pemeriksaan surat -surat dan alat alat keselamatan kapal, pemeriksaan track alur pelayaran kapal serta pemberian nomor kontak Lanal sebagai tanggap darurat bila terjadi kecelakaan laut.

Yang hadir dalam sosialisasi yakni, Pasops  Lanal Simeulue Kapten Laut (P) Richard M Pardede, Paspotmar Lanal Simeulue Kapten Laut (KH) Fahrizal,SH.i, Paur Lit Sintel Lanal simeulue Lettu Laut (P) Usmandani, Syahbandar  dan Perhubungan Laut serta Nahkoda dan ABK Kapal KM.Sabuk Nusantara 35.

Sementara itu, di Pos TNI AL di Kabupaten Aceh Singkil juga dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat nelayan bertempat di Aula Anak Laut Singkil yang mana materinya yakni, Peran TNI AL dalam menjaga perairan Indonesia dan keselamatan pelayaran bagi nelayan, cara penggunaan alat-alat keselamatan pelayaran, serta pemberian nomor kontak Lanal Posal Aceh Singkil.

Pada sosialisasi terhadap masyarakat nelayan dihadiri yakni, Danposal TNI AL Aceh Singkil Letda Laut (P) Suryadi, perwakilan Sat Pol Air Singkil, Perwakilan Koramil Aceh Singkil, Syahbandar Aceh Singil, PSDKP Lampulo Singkil serta panglima laot dan nelayan Aceh Singkil.

Ditempat berbeda, Posal TNI AL Pulau Banyak ikut melaksanakan kegiatan sosialisasi berlayar dengan aman kepada masyarakat nelayan pulau banyak di Posal TNI AL Pulau Banyak dengan materi, cara penanggulangan bahaya kecelakaan di laut, cara penggunaan alat-alat keselamatan pelayaran dan pemberian nomor kontak Lanal Posal TNI AL Pulau Banyak.
    
Pada sosialisasi terhadap masyarakat nelayan dihadiri yakni, Dan Posal TNI AL Pulau Banyak Letda Laut (E) Wiwin, perwakilan Polsek, perwakilan Koramil, Syahbandar, Camat seera Panglima laot dan nelayan Pulau Banyak.

Tidak terkecuali di Posal TNI AL Kabupaten Abdya yang dilaskanakan di Balai Nelayan Susoh juga melaksanakan sosialisasi berlayar dengan aman kepada masyarakat nelayan Susoh dengan materi yakni, cara penanggulangan kecelakaan di laut dan perkiraan cuaca, cara penggunaan alat-alat keselamatan pelayaran, kondisi wilayah perairan aceh dan pemberian nomor kontak Lanal Dan Posal TNI AL Abdya.

Pada sosialisasi terhadap masyarakat nelayan dihadiri yakni, Dan Posal TNI AL Abdya Letda Laut (T) Ajad Sudrajat, Kapolsek, Perhubungan  dan Syahbandar, Camat dan Panglima laot dan nelayan Susoh Kabupaten Abdya.

Komandan Lantamal I Belawan melalui Komandan Lanal Simeulue Letkol Mar Idha Mohammad Basri,SE saat dikonfirmasi menyampaikan,”Kegiatan sosialisasi keselamatan pada pelayaran sudah dilaksanakan berkelanjutan diseluruh pangkalan jajaran Koormabar, apa lagi saat ini memasuki musim angin barat sehingga perlu disosialisasian kesatuan bawah yakni Posal-posal yang dibawah Lanal Simeulue.”Terangnya.

Lanjut,”Sosialisasi yang disampaikan berkaitan dengan keselamatan pelayaran mulai dari keselematan penumpang, trak kapal, kelengkapan dokumen kapal, perhatian nagivasi kapal, tersedianya alat keselamatan serta mencatat nomor kontak darurat dari Pangkalan TNI AL yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan dilaut.”Ujarnya. [Monanda Phermana]

  • Whatsapp

Index Berita